Home » » Menggunakan Tombol Keyboard untuk Mempercepat Kerja di Microsoft Office

Menggunakan Tombol Keyboard untuk Mempercepat Kerja di Microsoft Office

Tombol keyboard sangat beragam kegunaannya, selain berfungsi untuk menulis sebuah kata atau huruf dalam keseharian kita seperti menulis surat, membuat laporan, dan lain sebagainya. Akan tetapi tau gak sih, selain itu semua ternyata banyak fungsi-fungsi tombol tertentu yang digunakan untuk mempercepat kerja kita dalam menggunakan sebuah program khususnya microsoft excel/word. Berikut ini daftar-daftar dari fungsi tombol keyboard tersebut:

TombolKeterangan FungsiOffice Word/Excel
CTRL + AMelakukan seleksi blok cell secara menyeluruh.Word/Excel
CTRL + BMembuat karakter huruf/angka menjadi tebal (bold).Word/Excel
CTRL + CMelakukan penggandaan karakter huruf/angka/gambar atau objek lainnya kemudian paste (Copy).Word/Excel
CTRL + DMenampilkan form font pada office word.Word
CTRL + EMengatur posisi teks menjadi rata tengah.Word
CTRL + FMelakukan pencarian berdasarkan karakter teks (Find).Word/Excel
CTRL + GBerpindah-pindah tempat cursor berdasarkan page/section/line/bookmark/comment/footnote yang diinginkan. Misal: pilih Go to what - Enter page number (tulis halaman yang ingin dicari) kemudian tekan Enter, maka secara otomatis akan menuju ke halaman yang akan dituju.Word
CTRL + GBerpindah-pindah tempat cell cursor berdasarkan yang diinginkan. Misal: ketik B1 pada Reference kemudian tekan Enter, maka cell cursor akan tertuju pada cell B1.Excel
CTRL + HMerubah karakter huruf/angka menjadi huruf/angka yang diinginkan.Word/Excel
CTRL + IMembuat karakter huruf/angka menjadi miring (Italic).Word/Excel
CTRL + JMengatur posisi teks menjadi rata kiri dan kanan.Word
CTRL + KMenampilkan Hyperlink yaitu untuk menghubungkan karakter huruf/angka/objek lainnya dengan huruf/angka/objek pada halaman yang sama ataupun berbeda.Word/Excel
CTRL + LMengatur posisi teks menjadi rata kiri.Word
CTRL + LMembuat tabel sesuai desain yang diinginkan (sama dengan CTRL + T).Excel
CTRL + MMengatur margin paragraf maju 1 tabs (Left Indent).Word
CTRL + Shift + MMengatur margin paragraf mundur 1 tabs (Left Indent).Word
CTRL + MMenggandakan data di cell sama dengan cell diatasnya secara cepat (Copy Paste).Excel
CTRL + NMembuat file baru (New).Word/Excel
CTRL + OMembuka file dimulai dari microsoft office (Open).Word/Excel
CTRL + PMencetak kertas kerja/data (Print).Word/Excel
CTRL + RMengatur posisi teks menjadi rata kanan.Word
CTRL + SMenyimpan file data yang telah dibuat (Save).Word/Excel
CTRL + TMengatur margin paragraf baris kedua maju 1 tabs (Hanging Indent).Word
CTRL + Shift + TMengatur margin paragraf baris kedua mundur 1 tabs (Hanging Indent).Word
CTRL + TMembuat tabel sesuai desain yang diinginkan (sama dengan CTRL + L).Excel
CTRL + UMembuat karakter huruf/angka menjadi bergaris bawah (Underline).Word/Excel
CTRL + VMenempelkan karakter huruf/angka/objek lainnya setelah perintah Copy atau Cut (Paste).Word/Excel
CTRL + WMenutup file atau keluar dari kertas kerja.Word/Excel
CTRL + XMemindahkan karakter huruf/angka/objek lainnya ke tempat yang diinginkan kemudian tekan perintah Paste (Cut).Word/Excel
CTRL + YMemunculkan kembali teks yang sudah dihapus (Redo).Word/Excel
CTRL + ZMengembalikan pada hasil editan teks sebelumnya (Undo).Word/Excel
CTRL + 1Mengatur jarak baris paragraf sebesar 1 spasi.Word
CTRL + 1Menampilkan form Format Cells yang berfungsi untuk mengatur format pada cell.Excel
CTRL + 2Mengatur jarak baris paragraf sebesar 2 spasi.Word
CTRL + 2Membuat karakter huruf/angka menjadi tebal (bold) sama dengan CTRL + B.Excel
CTRL + 3Membuat karakter huruf/angka menjadi miring (Italic) sama dengan CTRL + I.Excel
CTRL + 4Membuat karakter huruf/angka menjadi bergaris bawah (Underline) sama dengan CTRL + U.Excel
CTRL + 5Mengatur jarak baris paragraf sebesar 1,5 spasi.Word
CTRL + 5Memberikan garis coret tengah pada teks.Excel
CTRL + 9Menyembunyikan baris (row) yang dipilih/blok.Excel
CTRL + 0Mengatur jarak baris sebelum paragraf.Word
CTRL + 0Menyembunyikan kolom (column) yang dipilih/blok.Excel
CTRL + -Menghapus baris/kolom cell yang aktif.Excel
CTRL + =Mengatur teks lebih kecil dengan posisi dibagian bawah. Biasanya digunakan untuk rumus matematika.Word
CTRL + Shift + +Mengatur teks lebih kecil dengan posisi dibagian atas. Biasanya digunakan untuk rumus matematika seperti pangkat.Word
CTRL + [Mengatur ukuran teks dengan ukuran lebih kecil (Kurung Siku).Word
CTRL + ]Mengatur ukuran teks dengan ukuran lebih besar (Kurung Siku).Word
CTRL + ;Mengetikkan tanggal sesuai dengan sistem komputer secara otomatis.Excel
CTRL + Shift + <Mengatur ukuran teks dengan ukuran lebih kecil sesuai ukuran yang ada di font size group (Kurung Kerucut).Word
CTRL + Shift + >Mengatur ukuran teks dengan ukuran lebih besar sesuai ukuran yang ada di font size group (Kurung Kerucut).Word
ShiftMengetikkan huruf besar sementara tanpa menekan tombol Caps Lock.Word
CTRL + F1Menyembunyikan dan menampilkan toolbar menu ribbon pada Office 2007 keatas.Word/Excel
CTRL + F2Melakukan tinjauan ulang/print preview lembar kerja sebelum mencetaknya.Word/Excel
CTRL + F3Menampilkan form Name Manager.Excel
CTRL + F4Menutup file atau keluar dari kertas kerja.Word/Excel
CTRL + F5Melakukan Restore Window.Excel
CTRL + F10Melakukan Restore/Maximize Window.Word/Excel
F12Melakukan Save As file yang telah di edit.Word/Excel
Alt + TabBerpindah dari Window file satu ke lainnya dimana file yang sedang dibuka.Word/Excel
Prt Sc SysRqMenangkap atau capture layar screen yang sedang aktif dan kemudian lakukan perintah Paste pada lembar kerja.Word/Excel

Itulah daftar fungsi-fungsi tombol yang ada di Microsoft Office Word/Excel. Semoga postingan ini bermanfaat. Terima kasih

1 Komentar:

  1. I'd like tߋ find oᥙt more? I'd loѵe to find oսt more details.

    cⅼick for source : Tіmes Are Changіng: How Τo Lock Files New Ѕkills

    ReplyDelete