Fungsi IF di Excel 2007

Fungsi if di excel

Fungsi if digunakan untuk mengetes sebuah kondisi jika pernyataan benar maka hasil TRUE, dan jika pernyataannya salah maka hasilnya FALSE. Berikut ini salah satu contoh penggunaan fungsi IF.



  • Bukalah file microsoft excel (saya menggunakan excel 2007).
  • Buatlah data seperti gambar dibawah ini:
Fungsi if di excel
  • Ketiklah rumus pada kolom D2 (Kolom Keterangan) dengan rumus  =IF(C2>=60;"Lulus";"Gagal") kemudian tekan enter.
 Fungsi if di excel
Penjelasan rumus :
C2 = posisi range pada kolom C dan baris ke 2
 Lulus = hasil pernyataan TRUE
Gagal = hasil pernyataan FALSE
  • Lihat hasilnya pada gambar dibawah ini ;
Fungsi if di excel
  • Lakukan drag dengan cara klik pada baris D2, tekan klik kursor pojok kanan bawah lalu tekan dan geser hingga ke bawah.
Fungsi if di excel

Demikian tutorial ms. excel menggunakan rumus if. Semoga bermanfaat.

Fungsi Penjumlahan dan Perkalian di Excel 2007

Berikut ini contoh fungsi dasar formula microsoft excel 2007 :

Fungsi penjumlahan dan perkalian di excel
Penjelasan :
lihatlah pada tabel diatas, pada kolom keterangan terdapat rumus perkalian ( * ) dan penjumlahan ( sum).
fungsi dari formula sum adalah untuk menjumlahkan secara total tanpa harus menjumlahkan satu persatu.
1. Buatlah tabel seperti contoh diatas.
2. Isilah rumus pada kolom jumlah dengan rumus =C2*D2 enter
3. Drag rumus tersebut dengan cara posisikan pointer di pojok kanan bawah, click tekan dan geser sampe ke bawah nomor 3.
4. Isilah rumus pada baris total di kolom jumlah dengan =SUM(E2:E4) enter

Demikian formula dasar microsoft excel 2007 sebagai awal posting blog ini. sampai ketemu pada postingan yang lebih seru pada edisi selanjutnya. Semoga bermanfaat.
Thanks...