Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Rapi di Microsoft Word

Mas Fadholi Blog - Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Rapi di Microsoft Word – Anda tentunya sudah tahu apa itu fungsi dari daftar isi. Daftar isi sering digunakan untuk melengkapi isi dari sebuah buku tersebut, agar supaya pembaca dapat mengetahui isi buku dengan mudah dan cepat tanpa harus membaca keseluruhan isi buku.


Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Rapi di Microsoft Word

Bagi anda yang sedang dikejar-kejar deadline tugas sekolah atau kuliah, apalagi tugas tersebut numpuk lebih dari satu materi. Tentunya anda akan kerepotan ketika harus membuat daftar isi secara manual.

Membuat daftar isi secara manual selain membutuhkan waktu yang tidak sedikit, juga sebagian besar pasti ada kesalahan letak nomor halaman. Lantas bagaimana caranya membuat daftar isi secara otomatis tanpa ada kesalahan letak nomor halaman?

Melalui blog mas Fadholi ini, saya ingin berbagi tips bagaimana cara membuat daftar isi secara otomatis di Microsoft word. Anda dapat mempraktekkannya menggunakan Microsoft word 2003/2007/2010/2013. Namun kali ini saya menggunakan ms. Word versi 2013.


Menentukan Judul dan Sub Judul

Sebelum anda membuat daftar isi, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menentukan judul, sub judul, dan sub sub judul dari setiap bab yang nantinya akan ditampilkan di daftar isi. Dengan memanfaatkan fungsi format Styles ini, kita dapat dengan mudah mengaturnya dengan cara berikut ini:

  1. Buatlah sebuah Judul Bab, Sub Judul Bab, kemudian tuliskanlah artikel anda pada paragraf baru dibawah sub judul bab. Lihatlah gambar berikut ini:

  2. Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Rapi di Microsoft Word

  3. Lakukan blok pada Judul Bab, lalu tekan tombol pojok kanan bawah Styles ->> pada Styles pilih Heading 1.

  4. Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Rapi di Microsoft Word

  5. Lakukan blok juga pada Sub Judul Bab, lalu tekan tombol pojok kanan bawah Styles ->> pada Styles pilih Heading 2.

  6. Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Rapi di Microsoft Word

  7. Ulangi langkah yang sama untuk menentukan Judul Bab dan Sub Judul Bab selanjutnya. Sehingga akan tampak akhir seperti gambar berikut ini:

  8. Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Rapi di Microsoft Word

  9. Jika anda ingin mengubah format dari font-font tersebut. Silakan pilih format yang anda inginkan pada kotak dialog Modify Style.

  10. Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Rapi di Microsoft Word

Membuat Daftar Isi

Setelah anda menentukan judul dan sub judul, kini saatnya anda membuat daftar isinya. Agar anda tidak bingung, sebaiknya anda ikuti langkah-langkah yang saya buat. Berikut tahapannya:

  1. Letakkan Daftar Isi yang akan anda buat diatas halaman judul bab dan sub judul bab. Artinya letak halaman Daftar Isi terpisah dari halaman judul bab dan sub judul bab. Misal daftar isi di halaman 1 dan Isinya di halaman 2.


  2. Letakkan kursor di halaman 1 (page 1). Lalu klik menu References ->> klik Table of Contents ->> pilih Automatic Table 1 (anda juga dapat pilih yang kedua asalkan sama-sama otomatis).

  3. Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Rapi di Microsoft Word

  4. Sehingga Daftar Isi akan secara otomatis tampil lengkap dengan judul, sub judul, dan nomor halaman.

  5. Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Rapi di Microsoft Word

Update Judul dan Sub Judul Baru di Daftar Isi

Ketika anda sudah memperbanyak isi buku lalu anda juga sudah menambahkan judul dan sub judul bab, lalu bagaimana cara menambahkan kembali judul dan sub judul baru ke dalam daftar isi?

Anda tidak perlu melakukannya dari awal dalam pembuatan daftar isi, cukup lakukan Update Table. Update ini dilakukan untuk memperbaharui tampilan daftar isi setelah anda memperbanyak judul dan sub judul bab. Dengan catatan pada judul dan sub judul bab selanjutnya anda telah melakukan pengaturan Heading seperti langkah yang saya jelaskan diatas.

Update Table dapat dilakukan dengan dua pilihan, 1). Anda hanya akan update nomor halaman saja di daftar isi tanpa harus mengubah nama judul dan sub judul bab, atau 2). Anda akan update semua isi yang ada di daftar isi sesuai dengan isi judul dan sub judul bab.

  • Klik menu References ->> klik Update Table. Sehingga akan tampil kotak dialog Update Table of Contents.
    Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Rapi di Microsoft Word

    • Update page number only yaitu update daftar isi hanya nomor halaman saja.
    • Update entire table yaitu update daftar isi secara keseluruhan judul, sub judul dan nomor halaman.

Dengan adanya fitur ini, anda dapat dengan mudah membuat daftar isi dengan sangat cepat tanpa ada kesalahan posisi nomor halaman. Sehingga anda dapat mengejar tugas-tugas anda lainnya dengan cepat pula.

Kelebihan lain fitur ini adalah anda dapat melihat posisi judul atau sub judul bab berada diposisi halaman yang ingin dituju tanpa harus menggulung layar ke halaman yang ingin dilihat.

Arahkan mouse diatas Judul atau Sub Judul bab yang ada di Daftar Isi sehingga hingga muncul tulisan Current Document. Lalu tekan CTRL + Klik Mouse secara bersamaan kearah Judul atau Sub Judul di Daftar Isi. Maka anda akan diarahkan ke halaman yang dimaksud.

Demikianlah tutorial Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Rapi di Microsoft Word. Jika ada yang kurang jelas atau komentar, saya sangat senang sekali anda meninggalkan pesan di bawah postingan ini. Jika berkenan silakan berkunjung di artikel lain di menu Daftar Isi. Terima kasih telah berkunjung di blog mas Fadholi, semoga bermanfaat bagi anda semua.

Cara Menghilangkan CSE/Google Custome Search Engine pada Browser Google Crome

Mas Fadholi Blog - Cara Menghilangkan CSE/Google Custom Search Engine pada Browser Google Crome – Pernahkan anda mengalami rasa jengkel ketika mencari artikel online di browser khususnya Google Crome tiba-tiba anda dihadapkan pada tampilan browser yang tidak biasanya? Tampilan dimana biasanya anda mencari kata kunci artikel di mesin google, namun malah anda diarahkan ke situs-situs yang tidak jelas tujuannya?

Pastinya anda bingung bagaimana cara mengatasinya. Mau di restart itu komputer namun masih tetap saja belum selesai masalahnya. Mau di uninstall tapi bingung bagaimana caranya, sedangkan kita sedang dibuat buru-buru karena harus menyelesaikan tugas kampus. Ya sudahlah apalah daya terpaksa kita harus menggunakannya.

Menurut dari beberapa sumber yang saya baca, hal itu disebabkan oleh suatu virus malware. Dimana suatu ketika anda sedang berselancar di internet namun anda tidak sengaja menekan sumber yang didalamnya terkandung virus. Virus tersebut menurut yang pernah saya alami, mengubah beberapa settingan di komputer kita (khususnya windows) sehingga browser Google Crome kita berubah menjadi cse.google.com. Sampai dengan detik ini, saya belum tahu secara pasti apa penyebabnya dan bagaimana sistem kerjanya tiba-tiba browser berubah menjadi seperti itu.


Cara Menghilangkan CSE/Google Custome Search Engine pada Browser Google Crome

Namun, dengan artikel ini saya ingin sedikit berbagi pengalaman dan mungkin dapat menyelesaikan permasalah yang sedang anda hadapi. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, silakan baca tahapan berikut ini:


Cara Ini Dapat Dilakukan di Windows XP & 7

  1. Klik menu Restart ->> Control Panel.

  2. Cara Menghilangkan CSE/Google Custome Search Engine pada Browser Google Crome

  3. Maka anda akan dihadapkan pada layar Control Panel. Cari dan klik Internet Options.

  4. Cara Menghilangkan CSE/Google Custome Search Engine pada Browser Google Crome

  5. Pada kotak dialog Internet Properties. Pilih tab Connections ->> klik tombol LAN settings.

  6. Cara Menghilangkan CSE/Google Custome Search Engine pada Browser Google Crome

  7. Maka anda akan dihadapkan pada kotak dialog Local Area Network (LAN) Settings. Pada proxy server, hilangkan centang pada Use a proxy server for your LAN (These settings will not apply to dial-up or VPN connections). Lalu tekan tombol OK.

  8. Cara Menghilangkan CSE/Google Custome Search Engine pada Browser Google Crome

  9. Kemudian tekan tombol OK untuk keluar dari Internet Properties.
  10. Setelah itu jangan lupa untuk melakukan Restart computer anda untuk memaksimalkan pengaturan sistem.

Atau Dengan Cara Langsung dari Setting Browser Google Crome

  1. Buka Google Crome anda, lalu klik tombol Customize and control Google Crome pada pojok kanan atas ->> klik Settings.

  2. Cara Menghilangkan CSE/Google Custome Search Engine pada Browser Google Crome

  3. Maka anda akan dihadapkan pada tab baru, klik Settings sebelah kiri ->> pada layar sebelah kanan gulung layar ke bawah hingga muncul Show advanced settings lalu tekan tombol tersebut.

  4. Cara Menghilangkan CSE/Google Custome Search Engine pada Browser Google Crome

  5. Gulung layar ke bawah lalu cari tombol Change proxy settings.

  6. Cara Menghilangkan CSE/Google Custome Search Engine pada Browser Google Crome

  7. Pada kotak dialog Internet Properties. Pilih tab Connections ->> klik tombol LAN settings.

  8. Cara Menghilangkan CSE/Google Custome Search Engine pada Browser Google Crome

  9. Maka anda akan dihadapkan pada kotak dialog Local Area Network (LAN) Settings. Pada proxy server, hilangkan centang pada Use a proxy server for your LAN (These settings will not apply to dial-up or VPN connections). Lalu tekan tombol OK.

  10. Cara Menghilangkan CSE/Google Custome Search Engine pada Browser Google Crome

  11. Kemudian tekan tombol OK untuk keluar dari Internet Properties.
  12. Setelah itu jangan lupa untuk melakukan Restart computer anda untuk memaksimalkan pengaturan sistem.

Saran saya sebaiknya anda menggunakan software anti virus untuk komputer anda dan sering-seringlah update antivirus demi kemanan komputer anda. Gunakan antivirus yang powerfull yang menyediakan berbagai macam fitur khususnya penanganan malware, meskipun aplikasi tersebut berbayar. Namun tak apalah demi keamanan komputer anda, daripada data-data penting anda jadi korban. Sedikit rekomendasi, gunakan antivirus Malwarebytes Anti-Malware untuk mencegah komputer anda dari penyakit diatas.

Sekian artikel dari saya tentang Cara Menghilangkan CSE/Google Custom Search Engine pada Browser Google Crome. Jika ada yang kurang jelas atau koreksi atas artikel ini, silakan tinggalkan komentar di bawah postingan ini. Jika anda ingin berkunjung ke artikel saya lainnya silakan ada di Daftar Isi. Terima kasih telah berkunjung di blog mas Fadholi, semoga bermanfaat bagi anda semua.

Memahami Menu Dasar Dashboard Blogger Terbaru 2016

Mas Fadholi Blog - Memahami Menu Dasar Dashboard Blogger 2016 – Baru-baru ini yaitu tepatnya di bulan Nopember 2016, google telah merubah tampilan menu dashboardnya. Dimana tampilan dashboard tersebut lebih responsive dan lebih kekinian.

Bagi anda yang baru membuat blog, mungkin anda akan menemukan sedikit yang membahas tentang panduan dasar menu dashboard dengan tampilan baru ini. Apa itu dashboard…?

Dashboard adalah suatu tampilan form beranda blogger dimana dengan form tersebut, anda dapat melakukan pengaturan tampilan blog anda sesuai dengan standar SEO (Search Engine Optimization) atau Optimasi Mesin Pencari.


Memahami Menu Dasar Dashboard Blogger Terbaru 2016

Dengan adanya dashboard tersebut, anda dapat mengatur jenis tampilan blog, background blog, jenis font blog, posting artikel, dan lain sebagainya. Berikut ini saya jelaskan lebih rinci daftar menu-menu dashboard tersebut, diantaranya:

  1. Navigasi dashboard blog. Anda dapat berpindah-pindah dari dashboard blog satu ke dashboard blog yang lainnya dalam satu akun. Fungsi ini sangat memudahkan kita yang tidak perlu keluar terlebih dahulu untuk berpindah ke blog kita lainnya bagi yang memiliki blog lebih dari satu, fitur ini yang belum dimiliki oleh dashboard blogger sebelumnya. Diantaranya fungsi tersebut adalah:
    • Berpindah-pindah dashboard satu ke yang lainnya. Tinggal klik tanda segitiga lalu pilih akun blog lain.
    • Dapat membuat akun blog baru dengan cara klik tanda segitiga ->> lalu pilih Blog baru…
  2. Lihat blog, tombol ini berfungsi untuk melihat tampilan blog kita di peramban / browser.
  3. Pos, menu ini berfungsi untuk menulis suatu artikel blog dan menerbitkannya. Didalam menu ini terdapat tombol untuk menulis artikel baru, daftar judul artikel, nama penulis, tanggal terbit, dan juga pembuatan label kategori suatu artikel.
    • Semua, yaitu menampilkan daftar artikel yang telah kita buat baik yang belum diterbitkan maupun yang telah diterbitkan.
    • Draft, yaitu menampilkan daftar artikel yang telah kita buat dan belum diterbitkan.
    • Diterbitkan, yaitu menampilkan daftar artikel yang telah kita buat dan sudah diterbitkan.
  4. Statistik, menu ini berfungsi untuk menampilkan data-data statistik blog. Dimana dengan menu ini kita data mengetahui data penayangan blog kita.
    • Ikhtisar, untuk menampilkan data statistik berupa grafik penayangan (pageviews), statistik penayangan periode, statistik berdasarkan entri, dan statistik penayangan berdasarkan Negara.
    • Pos, untuk menampilkan penayangan/pageviews artikel dan halaman/page.
    • Sumber Lalu Lintas, untuk menampilkan data statistik url/situs/telusur.
    • Pemirsa, untuk menampilkan data pemirsa lokasi Negara peramban termasuk penggunaan sistem operasi dan browser.
  5. Penghasilan, menu ini berfungsi untuk melakukan pengaturan penghasilan di google adsense. Menu ini akan tampil jika kita telah melakukan pengaturan bahasa pemformatan menjadi bahasa Inggris. Jika kita telah mendaftar google adsense, maka disebelah kanan akan terlihat akun google adsense. Akun tersebutlah yang digunakan untuk bertransaksi penghasilan blog anda dengan google adsense.
  6. Kampanye, menu ini berfungsi untuk melakukan pengaturan promosi blog anda. Promosi dalam artian, anda melakukan promosi blog anda agar blog anda mudah dikenal oleh banyak orang melalui optimasi berbayar google sehingga blog anda muncul di nomor urutan pertama di mesin pencarian google. Biasanya kalau kita mengaktifkan menu kampanye ini, maka di dalam peramban mesin pencari google akan terdapat ads (artikel blog beriklan). Sistem kerjanya adalah saldo kita akan dipotong setelah orang lain mengklik blog kita di mesin pencarian google.
  7. Laman, menu ini berfungsi untuk membuat halaman statis atau tetap atau tidak berubah-ubah. Biasanya menu ini digunakan untuk membuat daftar isi (sitemap), kontak, tentang saya, disclaimer, kebijakan privasi dan lain sebagainya. Perbedaan antara Laman dengan Pos yaitu jika di Laman kita biasanya jarang melakukan update/perbaruan sedangkan di Pos kita sering menggunakannya untuk update artikel. Sama halnya dengan Pos terdapat sub menu diantaranya:
    • Semua, yaitu menampilkan daftar laman/page yang telah kita buat baik yang belum diterbitkan maupun yang telah diterbitkan.
    • Draft, yaitu menampilkan daftar laman/page yang telah kita buat dan belum diterbitkan.
    • Diterbitkan, yaitu menampilkan daftar laman/page yang telah kita buat dan sudah diterbitkan.
  8. Tata Letak, menu ini berfungsi untuk melakukan pengaturan tata letak tampilan blog. Disebelah kanan, kita dapat menambahkan widget/gadget, memindahkan lokasi widget/gadget dengan cara menggeser-geser widget/gadget tersebut sesuai keinginan tanpa melalui koding.
  9. Template, menu ini berfungsi untuk melakukan pengaturan desain tampilan blog/template blog. Didalam menu ini kita akan lebih leluasa mengatur sendiri desain tampilan blog dengan menggunakan kode-kode program (HTML, CSS, JavaScript, dll).
  10. Setelan, menu ini berfungsi untuk melakukan pengaturan isi dari tampilan blog. Didalam menu ini terdapat beberapa sub menu diantaranya:
    • Dasar, untuk menentukan judul blog, deskripsi singkat blog, pengaturan privasi blog, mengatur alamat url blog, dan admin blog.
    • Pos, komentar, dan berbagi, untuk menentukan jumlah tampilan pos dalam homepage, komentar, serta pengaturan bagikan ke google plus.
    • Email, untuk melakukan pengaturan pemberitahuan ke email.
    • Bahasa dan pemformatan, untuk melakukan pengaturan bahasa blogger, terjemahan bahasa blog, serta format penanggalan blog saat tampil di browser.
    • Preferensi penelusuran, untuk melakukan pengaturan blog terhadap mesin perayapan dan pengindeks google atau mesin pencarian google. Sehingga dengan menu pengaturan ini artikel dan laman kita dapat terindeks oleh google.
    • Setelah pengguna, untuk melakukan pengaturan profil blogger, bahasa tampilan dashboard, dan notifikasi email jika ada informasi oleh google.
    • Lainnya, untuk menentukan import & cadangan kode program di blog, hapus blog, umpan situs, ipenID, apakah blog kita terdapat konten dewasa, serta pengaturan google analytics.
  11. Daftar Bacaan, untuk memasukkan daftar url orang lain kedalam profile blogger kita sebagai link daftar bahan bacaan kita atas blog orang lain.
  12. Bantuan, untuk melakukan pencarian bantuan atas informasi yang belum jelas terhadap dashboard blogger tersebut.

Demikianlah artikel Memahami Menu Dasar Dashboard Blogger 2016. Jika ada yang kurang jelas silakan tinggalkan komentar dibawah postingan ini, ohya jika ingin mampir sejenak silakan baca di Daftar Isi untuk melihat artikel lainnya. Terima kasih telah berkunjung di blog mas fadholi, semoga bermanfaat bagi anda semua. Salam hangat...

Cara Memotong Gambar / Crop Picture dengan Excel

Mas Fadholi Blog – Pada artikel sebelumnya Saya telah membahas Bagaimana cara memotong gambar menggunakan word, nah pada kesempatan kali ini saya akan menerapkannya di Microsoft office excel.

Artikel ini saya persembahkan kepada anda semua yang masih baru tahap belajar alias newbie (bahasa kerennya, heee). Bagi yang sudah master, marilah kita sama-sama menyimak artikel ini.

Artikel ini sebenarnya, sangatlah mudah. Hanya dengan menggunakan beberapa langkah maka gambar yang akan kita potong menjadi gambar yang kita inginkan.

Agar semakin mempertajam ingatan kita, saya ingin sedikit mengulas balik apa itu fungsi crop. Fitur crop yang disediakan oleh microsoft office berfungsi untuk menghapus bagian-bagian atau area yang tidak diinginkan.


Cara Memotong Gambar Crop Picture di Excel

Memotong Gambar Dengan Crop Biasa

Bagaimana cara tersebut bisa dilakukan, silakan ikuti langkah cara memotong gambar/crop picture berikut ini:

  1. Silakan buka software excel anda. Saya menggunakan microsoft office 2013. Andapun dapat menggunakannya dengan versi lain.
  2. Pindahkan gambar yang anda ingin potong dengan cara CTRL + C (Copy) lalu tempelkan di area ms. Excel CTRL + V (Paste).

  3. Cara Memotong Gambar Crop Picture di Excel

  4. Klik kiri 2x gambar tersebut ->> klik menu Format ->> pada group Size pilih Crop.

  5. Cara Memotong Gambar Crop Picture di Excel

  6. Selanjutnya maka gambar akan terdapat bingkai berwarna hitam pada setiap sudutnya (lihat tanda panah warna merah).

  7. Cara Memotong Gambar Crop Picture di Excel

  8. Klik pada tiap-tiap tanda bingkai hitam tersebut tahan ->> lalu geser ke arah atas / bawah / kiri / kanan (sesuai keinginan anda).

  9. Cara Memotong Gambar Crop Picture di Excel

  10. Apabila gambar telah sesuai dengan yang anda inginkan, lakukan klik di area sembarang tempat diluar gambar tersebut. Dan lihatlah hasilnya.

  11. Cara Memotong Gambar Crop Picture di Excel

  12. Apabila anda ingin mengubah kembali atau mengembalikan ke posisi semula, langkahnya sama dengan tahap nomor 3 s.d. 5.

Memotong Gambar Berdasarkan Bentuk yang Ada (Crop to Shape)

Selain cara tersebut diatas, anda juga dapat memotong gambar sesuai dengan yang anda inginkan berdasarkan bentuk Shape lain atau Crop to Shape. Caranya adalah:

  • Ulangi prosedur diatas dari angka 1 s.d 2. Lalu klik 2x gambar yang ingin di crop ->> klik menu Format ->> Crop to Shape ->> Chevron (silakan pilih bentuk yang anda inginkan).

  • Cara Memotong Gambar Crop Picture di Excel

  • Sehingga hasilnya gambar akan terlihat berbentuk menyerupai bentuk shape tersebut.

Cara Memotong Gambar Crop Picture di Excel

Bagaimana, mudah bukan cara memotong gambar di excel. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua. Jika ada pertanyaan atau komentar silakan isi komentar dibawah postingan ini. Ohya jangan lupa berkunjung ke Daftar Isi jika anda menginginkan artikel lainnya. Terima kasih telah berkunjung di blog mas Fadholi. Salam hangat.

Cara Mengganti Background Foto dengan Microsoft Excel

Blog Mas Fadholi – Salam sejahtera bagi kita semua, kembali lagi bersama blog mas Fadholi dengan banyak tips tutorial yang saya bagi khusus untuk anda semuanya. Dalam tutorial kali ini, saya ingin berbagi tips cara mengganti background foto dengan excel.


Cara Mengganti Background Foto di Excel

Excel dengan berbagai macam fiturnya menyediakan banyak sekali manfaat bagi kita. Dalam kebanyakan kasus, mengganti background foto seringnya menggunakan software photoshop. Namun tahukah anda, bahwa mengganti background foto dapat juga dilakukan dengan software microsoft office excel.

Cara ini sebenarnya bisa juga diterapkan di ms. Word ataupun di paint, namun dalam tutorial ini saya menerapkannya menggunakan excel. Kelebihan di excel/word kita dapat mengatur warna pencahayaan foto sehingga akan lebih bagus.

Software ini dapat membantu kita yang tidak ingin dibuat repot memasang software photoshop. Sehingga kalau kita sedang butuh segera untuk mengganti background foto untuk kita jadikan foto di profil akun jejaring sosial misalnya, kita dapat langsung saja menggantinya.

Bagaimana hal tersebut bisa terjadi, anda tentunya tahu bagaimana sebuah sistem komputer bekerja. Dimana objek yang terlihat di layar monitor komputer anda itu adalah objek yang terlihat paling depan. Ketika ada objek kemudian ditimpa objek kembali, maka pastinya objek yang ditimpa tidak akan terlihat.

Di dalam ms. Excel terdapat fitur yang dapat memanipulasi objek tersebut yang bernama Freeform. Freeform ini berfungsi untuk membuat sebuah objek sesuai dengan keinginan kita, dapat juga freeform ini kita gunakan untuk menggambar. Namun dalam hal ini bukan itu tujuan kita.

Baiklah langsung saja ke pembahasan kita. Berikut ini tahapan-tahapan pembuatannya, anda juga dapat menggunakan foto anda sendiri dalam panduan ini.

  1. Pada windows explorer, bukalah foto anda yang ingin diganti backgroundnya menggunakan paint dengan cara klik kanan foto ->> Open with ->> Paint.

  2. Cara Mengganti Background Foto di Excel

  3. Sehingga akan muncul foto anda di software paint. Pada software Paint, blok semua foto dengan cara tekan CTRL + A (secara berbarengan di keyboard) ->> kemudian tekan CTRL + C (Copy) (atau dapat juga klik kanan kemudian Copy, tujuannya untuk memindahkan gambar ke excel). Kalau sudah tutup foto tersebut dari aplikasi Paint dan jangan di Save.

  4. Cara Mengganti Background Foto di Excel

  5. Buka software microsoft office excel anda (saya menggunakan excel 2013 dapat juga diterapkan di versi lain). Lalu tekan Paste (menu Home ->> Paste) pada Sheet 1 (atau CTRL + V). Silakan baca Menggunakan Tombol Keyboard Untuk Mempercepat Kerja di Microsoft Office.
  6. Buatlah ukuran foto (di excel) selebar layar excel agar lebih mudah untuk mengeditnya.

  7. Cara Mengganti Background Foto di Excel

  8. Klik menu Insert ->> Shapes ->> Freeform.

  9. Cara Mengganti Background Foto di Excel

  10. Buatlah bentuk objek melingkari mengikuti background foto (ingat hanya backgroundnya saja tanpa fotonya) dengan cara klik kiri mouse ->> geser ->> klik kembali dan geser sampai melingkari seluruh background foto lalu ketemu titik pertama klik.

  11. Cara Mengganti Background Foto di Excel

  12. Ulangi langkah yang sama pada nomor 6 sampai seluruh background tertutup rapih. Ingat jangan menggeser-geser foto atau objek tersebut, sebab kalau digeser maka akan menjadi tidak beraturan. Sehingga foto akan tampak seperti dibawah ini.

  13. Cara Mengganti Background Foto di Excel

  14. Loh kok warna background tidak beraturan. Tenang… kita dapat mengatur warna tersebut menjadi warna yang diinginkan. Klik objek warna background (tanpa fotonya) yang ingin diganti warnanya dengan cara tekan CTRL dan klik objek background hingga semua background telah terpilih (ingat jangan melepas tombol CTRL keyboard agar terpilih semua) ->> klik kanan ->> Format Object.

  15. Cara Mengganti Background Foto di Excel

  16. Pada kotak Format Shape. Pilih Shape Options ->> Fill & Line.

  17. Cara Mengganti Background Foto di Excel

  18. Silakan ganti warna background yang diinginkan (warna objek dan garis), maka hasilnya akan seperti dibawah ini.

  19. Cara Mengganti Background Foto di Excel

  20. Klik seluruh objek gambar tersebut dengan cara tekan CTRL + A ->> lalu tekan Copy atau CTRL + C. Setelah itu letakkan cursor di sebelah kanan gambar kemudian klik Paste Special atau CTRL + ALT + V ->> Pilih format Picture (PNG) lalu tekan OK.

  21. Cara Mengganti Background Foto di Excel

  22. Sehingga gambar yang sebelah kanan sudah benar-benar menjadi objek gambar. Namun bagaimana merubah ukurannya. Ikuti langkah selanjutnya. Wah panjang sekali ya tutorial ini, untuk menemani anda membaca artikel ini silakan sambil minum kopi dan gorengan. Heeee…

  23. Cara Mengganti Background Foto di Excel

  24. Lakukan crop gambar foto yang ke-2 sehingga menjadi foto gambar yang diinginkan. Baca Tutorial Crop Gambar di Excel . Hasil crop gambar akan tampak seperti berikut ini.

  25. Cara Mengganti Background Foto di Excel

  26. Untuk menyimpan gambar tersebut ke dalam folder explorer, copy gambar ke-2 (CTRL + C)->> lalu buka program Paint. Tempelkan gambar tersebut di Paint dengan cara tekan CTRL + V. Lakukan Save menggunakan format PNG (dapat juga format JPEG atau GIF).

  27. Cara Mengganti Background Foto di Excel

  28. Ketika penyimpanan gambar dari Paint telah dilakukan, maka gambar akan terlihat seperti gambar berikut ini:

  29. Cara Mengganti Background Foto di Excel

Demikianlah tutorial Cara Mengganti Background Foto dengan Microsoft Excel yang panjang ini, jika ada yang kurang jelas silakan tinggalkan komentar dibawah postingan ini. Jika anda ingin melihat artikel lain silakan baca di Daftar Isi. Terima kasih telah berkunjung di Blog Mas Fadholi, semoga bermanfaat.