Cara Mengganti URL Permalink / Alamat Postingan Blog di Blogspot

Mas Fadholi Blog – Pada kesempatan kali ini, melalui blog ini saya ingin berbagi tips bagaimana merubah alamat postingan secara permanen atau sering disebut permalink di blogspot.


Cara Mengganti URL Permalink / Alamat Postingan Blog di Blogspot

Sebenarnya, ketika kita menulis judul postingan di blogspot. Secara otomatis blogspot akan membuat sebuah alamat postingan sendiri. Namun terkadang alamat postingan tersebut tidak sesuai dengan yang kita harapkan.

Menurut saya pribadi, alamat postingan yang baik adalah yang sesuai dengan judul postingan blog. Hal ini juga akan berimbas pada optimasi mesin pencarian di google.

Lalu bagaimana cara merubahnya, berikut saya jelaskan tahapannya:

  1. Pertama-tama pastinya anda harus login terlebih dahulu ke dashboard blogger anda.
  2. Jika anda baru akan membuat postingan baru maka tekan tombol entri baru di menu pos dashboard.

  3. Cara Mengganti URL Permalink / Alamat Postingan Blog di Blogspot

  4. Atau jika anda ingin merubah alamat postingan yang telah tersimpan sebelumnya. Cari judul postingan yang ingin dirubah di daftar pos ->> lalu klik Edit.

  5. Cara Mengganti URL Permalink / Alamat Postingan Blog di Blogspot

  6. Kemudian pada tampilan lembar entri postingan disebelah kanan klik tombol Tautan permanen / Permalink.

  7. Cara Mengganti URL Permalink / Alamat Postingan Blog di Blogspot

  8. Setelah itu klik Tautan Permanen Khusus ->> lalu ketiklah alamat postingan yang anda inginkan ( gunakanlah tanda minus (-) untuk pemisah kata ) ->> jika sudah tekan Selesai.

  9. Cara Mengganti URL Permalink / Alamat Postingan Blog di Blogspot

  10. Maka hasilnya alamat postingan anda telah sesuai yang diharapkan.

Demikian tutorial Cara Mengganti URL Permalink / Alamat Postingan Blog di Blogspot, jika ada yang kurang jelas atau mau menambahkan komentar silakan tinggalkan komentar dibawah postingan artikel ini. Oh ya jika anda menginginkan artikel lain, anda dapat melihatnya di menu Daftar Isi di atas. Terima kasih sudah berkunjung di Blog Mas Fadholi, semoga bermanfaat.

Cara Membuat Label pada Postingan di Blogger

Mas Fadholi Blog – Membuat label pada postingan blogspot sangat mudah dilakukan. Bagi anda yang mempunyai blog atau website, memberikan label pada postingan artikel merupakan hal yang cukup penting.

Penggunaan label pada setiap postingan berfungsi untuk mengelompokkan postingan artikel di blog berdasarkan kategori-kategori tertentu, sehingga postingan artikel yang telah kita buat akan tampak lebih rapih.

Label diibaratkan sebuah folder yang ada di windows explorer, di dalam folder tersebut terdapat daftar nama-nama file. Dengan memberikan nama pada folder tersebut, struktur pengarsipan file akan tampak lebih rapih dan tidak acak-acakan.

Melalui blog mas fadholi ini, saya akan berbagi tips bagaimana Cara Membuat Label pada Postingan di Blogger.


Cara Membuat Label Langsung pada Saat Menulis Artikel

Cara ini cukup mudah dilakukan, berikut tahapannya:

  1. Pada saat anda sedang menulis artikel di layar entri postingan, pada menu navigasi Setelan entri sebelah kanan, klik Label.

  2. Cara Membuat Label pada Postingan di Blogger

  3. Pada kotak text, silakan anda ketik kategori label yang anda inginkan. Contoh; ketika anda sedang menulis artikel tentang Blog, maka anda dapat menulis Label Blogging.

  4. Cara Membuat Label pada Postingan di Blogger

  5. Anda juga dapat memberikan nama label lebih dari satu label dengan cara pisahkan Label dengan tanda Koma.

  6. Cara Membuat Label pada Postingan di Blogger

  7. Jika sudah selesai, silakan tekan tombol Selesai.

Cara Membuat Label di Dashboard Daftar Postingan

Cara ini dilakukan melalui daftar postingan yang ada di dashboard blog anda. Berikut langkahnya:

  1. Pada menu Pos dashboard, sebelah kanan terdapat daftar nama postingan. Lakukan centang pada kotak sebelah kiri list postingan yang ingin anda berikan Label.

  2. Cara Membuat Label pada Postingan di Blogger

  3. Klik icon Label (tanda segitiga) ->> lalu klik Label baru…

  4. Cara Membuat Label pada Postingan di Blogger

  5. Maka akan muncul kotak dialog, ketikkan nama Label seperti yang saya contohkan diatas. Misalnya Blogging ->> lalu tekan tombol OK.

  6. Cara Membuat Label pada Postingan di Blogger

  7. Maka secara otomatis disebelah kanan nama postingan akan tertulis nama Label.

  8. Cara Membuat Label pada Postingan di Blogger

Cara Menampilkan Widget/Gadget Label di Sidebar Blog

Fungsi widget ini digunakan untuk menampilkan daftar kategori label yang telah anda buat di daftar label postingan. Ketika anda menekan link Label, maka di halaman artikel akan tampil daftar artikel postingan berdasarkan Label yang dipilih/di klik.


Cara Membuat Label pada Postingan di Blogger

Untuk membuatnya, berikut tahapannya:

  1. Klik menu Tata Letak/Template dashboard, pada layar sebelah kanan di sidebar-right (anda juga dapat menempatkan widget label di footer) klik tombol Tambahkan Gadget.

  2. Cara Membuat Label pada Postingan di Blogger

  3. Kemudian anda akan diarahkan window baru Tambahkan Gadget. Pilih menu Dasar-dasar ->> cari Label pada daftar sebelah kanan ->> klik tanda + pada sebelah kanan.

  4. Cara Membuat Label pada Postingan di Blogger

  5. Kemudian anda akan diarahkan pada layar Konfigurasi label. Silakan ketik Judul widget dan sesuaikan tampilannya ->> lalu tekan Simpan.

  6. Cara Membuat Label pada Postingan di Blogger

  7. Maka secara otomatis widget label akan tampil di Sidebar-right. Lakukan Pratinjau untuk melihat hasilnya di layar blog anda.

  8. Cara Membuat Label pada Postingan di Blogger

Demikian tutorial Cara Membuat Label pada Postingan di Blogger, jika ada yang kurang jelas atau mau menambahkan komentar silakan tinggalkan komentar dibawah postingan artikel ini. Oh ya jika anda menginginkan artikel lain, anda dapat melihatnya di menu Daftar Isi di atas. Terima kasih sudah berkunjung di Blog Mas Fadholi, semoga bermanfaat.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Rapi di Microsoft Word

Mas Fadholi Blog - Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Rapi di Microsoft Word – Anda tentunya sudah tahu apa itu fungsi dari daftar isi. Daftar isi sering digunakan untuk melengkapi isi dari sebuah buku tersebut, agar supaya pembaca dapat mengetahui isi buku dengan mudah dan cepat tanpa harus membaca keseluruhan isi buku.


Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Rapi di Microsoft Word

Bagi anda yang sedang dikejar-kejar deadline tugas sekolah atau kuliah, apalagi tugas tersebut numpuk lebih dari satu materi. Tentunya anda akan kerepotan ketika harus membuat daftar isi secara manual.

Membuat daftar isi secara manual selain membutuhkan waktu yang tidak sedikit, juga sebagian besar pasti ada kesalahan letak nomor halaman. Lantas bagaimana caranya membuat daftar isi secara otomatis tanpa ada kesalahan letak nomor halaman?

Melalui blog mas Fadholi ini, saya ingin berbagi tips bagaimana cara membuat daftar isi secara otomatis di Microsoft word. Anda dapat mempraktekkannya menggunakan Microsoft word 2003/2007/2010/2013. Namun kali ini saya menggunakan ms. Word versi 2013.


Menentukan Judul dan Sub Judul

Sebelum anda membuat daftar isi, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menentukan judul, sub judul, dan sub sub judul dari setiap bab yang nantinya akan ditampilkan di daftar isi. Dengan memanfaatkan fungsi format Styles ini, kita dapat dengan mudah mengaturnya dengan cara berikut ini:

  1. Buatlah sebuah Judul Bab, Sub Judul Bab, kemudian tuliskanlah artikel anda pada paragraf baru dibawah sub judul bab. Lihatlah gambar berikut ini:

  2. Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Rapi di Microsoft Word

  3. Lakukan blok pada Judul Bab, lalu tekan tombol pojok kanan bawah Styles ->> pada Styles pilih Heading 1.

  4. Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Rapi di Microsoft Word

  5. Lakukan blok juga pada Sub Judul Bab, lalu tekan tombol pojok kanan bawah Styles ->> pada Styles pilih Heading 2.

  6. Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Rapi di Microsoft Word

  7. Ulangi langkah yang sama untuk menentukan Judul Bab dan Sub Judul Bab selanjutnya. Sehingga akan tampak akhir seperti gambar berikut ini:

  8. Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Rapi di Microsoft Word

  9. Jika anda ingin mengubah format dari font-font tersebut. Silakan pilih format yang anda inginkan pada kotak dialog Modify Style.

  10. Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Rapi di Microsoft Word

Membuat Daftar Isi

Setelah anda menentukan judul dan sub judul, kini saatnya anda membuat daftar isinya. Agar anda tidak bingung, sebaiknya anda ikuti langkah-langkah yang saya buat. Berikut tahapannya:

  1. Letakkan Daftar Isi yang akan anda buat diatas halaman judul bab dan sub judul bab. Artinya letak halaman Daftar Isi terpisah dari halaman judul bab dan sub judul bab. Misal daftar isi di halaman 1 dan Isinya di halaman 2.


  2. Letakkan kursor di halaman 1 (page 1). Lalu klik menu References ->> klik Table of Contents ->> pilih Automatic Table 1 (anda juga dapat pilih yang kedua asalkan sama-sama otomatis).

  3. Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Rapi di Microsoft Word

  4. Sehingga Daftar Isi akan secara otomatis tampil lengkap dengan judul, sub judul, dan nomor halaman.

  5. Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Rapi di Microsoft Word

Update Judul dan Sub Judul Baru di Daftar Isi

Ketika anda sudah memperbanyak isi buku lalu anda juga sudah menambahkan judul dan sub judul bab, lalu bagaimana cara menambahkan kembali judul dan sub judul baru ke dalam daftar isi?

Anda tidak perlu melakukannya dari awal dalam pembuatan daftar isi, cukup lakukan Update Table. Update ini dilakukan untuk memperbaharui tampilan daftar isi setelah anda memperbanyak judul dan sub judul bab. Dengan catatan pada judul dan sub judul bab selanjutnya anda telah melakukan pengaturan Heading seperti langkah yang saya jelaskan diatas.

Update Table dapat dilakukan dengan dua pilihan, 1). Anda hanya akan update nomor halaman saja di daftar isi tanpa harus mengubah nama judul dan sub judul bab, atau 2). Anda akan update semua isi yang ada di daftar isi sesuai dengan isi judul dan sub judul bab.

  • Klik menu References ->> klik Update Table. Sehingga akan tampil kotak dialog Update Table of Contents.
    Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Rapi di Microsoft Word

    • Update page number only yaitu update daftar isi hanya nomor halaman saja.
    • Update entire table yaitu update daftar isi secara keseluruhan judul, sub judul dan nomor halaman.

Dengan adanya fitur ini, anda dapat dengan mudah membuat daftar isi dengan sangat cepat tanpa ada kesalahan posisi nomor halaman. Sehingga anda dapat mengejar tugas-tugas anda lainnya dengan cepat pula.

Kelebihan lain fitur ini adalah anda dapat melihat posisi judul atau sub judul bab berada diposisi halaman yang ingin dituju tanpa harus menggulung layar ke halaman yang ingin dilihat.

Arahkan mouse diatas Judul atau Sub Judul bab yang ada di Daftar Isi sehingga hingga muncul tulisan Current Document. Lalu tekan CTRL + Klik Mouse secara bersamaan kearah Judul atau Sub Judul di Daftar Isi. Maka anda akan diarahkan ke halaman yang dimaksud.

Demikianlah tutorial Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Rapi di Microsoft Word. Jika ada yang kurang jelas atau komentar, saya sangat senang sekali anda meninggalkan pesan di bawah postingan ini. Jika berkenan silakan berkunjung di artikel lain di menu Daftar Isi. Terima kasih telah berkunjung di blog mas Fadholi, semoga bermanfaat bagi anda semua.

Cara Menghilangkan CSE/Google Custome Search Engine pada Browser Google Crome

Mas Fadholi Blog - Cara Menghilangkan CSE/Google Custom Search Engine pada Browser Google Crome – Pernahkan anda mengalami rasa jengkel ketika mencari artikel online di browser khususnya Google Crome tiba-tiba anda dihadapkan pada tampilan browser yang tidak biasanya? Tampilan dimana biasanya anda mencari kata kunci artikel di mesin google, namun malah anda diarahkan ke situs-situs yang tidak jelas tujuannya?

Pastinya anda bingung bagaimana cara mengatasinya. Mau di restart itu komputer namun masih tetap saja belum selesai masalahnya. Mau di uninstall tapi bingung bagaimana caranya, sedangkan kita sedang dibuat buru-buru karena harus menyelesaikan tugas kampus. Ya sudahlah apalah daya terpaksa kita harus menggunakannya.

Menurut dari beberapa sumber yang saya baca, hal itu disebabkan oleh suatu virus malware. Dimana suatu ketika anda sedang berselancar di internet namun anda tidak sengaja menekan sumber yang didalamnya terkandung virus. Virus tersebut menurut yang pernah saya alami, mengubah beberapa settingan di komputer kita (khususnya windows) sehingga browser Google Crome kita berubah menjadi cse.google.com. Sampai dengan detik ini, saya belum tahu secara pasti apa penyebabnya dan bagaimana sistem kerjanya tiba-tiba browser berubah menjadi seperti itu.


Cara Menghilangkan CSE/Google Custome Search Engine pada Browser Google Crome

Namun, dengan artikel ini saya ingin sedikit berbagi pengalaman dan mungkin dapat menyelesaikan permasalah yang sedang anda hadapi. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, silakan baca tahapan berikut ini:


Cara Ini Dapat Dilakukan di Windows XP & 7

  1. Klik menu Restart ->> Control Panel.

  2. Cara Menghilangkan CSE/Google Custome Search Engine pada Browser Google Crome

  3. Maka anda akan dihadapkan pada layar Control Panel. Cari dan klik Internet Options.

  4. Cara Menghilangkan CSE/Google Custome Search Engine pada Browser Google Crome

  5. Pada kotak dialog Internet Properties. Pilih tab Connections ->> klik tombol LAN settings.

  6. Cara Menghilangkan CSE/Google Custome Search Engine pada Browser Google Crome

  7. Maka anda akan dihadapkan pada kotak dialog Local Area Network (LAN) Settings. Pada proxy server, hilangkan centang pada Use a proxy server for your LAN (These settings will not apply to dial-up or VPN connections). Lalu tekan tombol OK.

  8. Cara Menghilangkan CSE/Google Custome Search Engine pada Browser Google Crome

  9. Kemudian tekan tombol OK untuk keluar dari Internet Properties.
  10. Setelah itu jangan lupa untuk melakukan Restart computer anda untuk memaksimalkan pengaturan sistem.

Atau Dengan Cara Langsung dari Setting Browser Google Crome

  1. Buka Google Crome anda, lalu klik tombol Customize and control Google Crome pada pojok kanan atas ->> klik Settings.

  2. Cara Menghilangkan CSE/Google Custome Search Engine pada Browser Google Crome

  3. Maka anda akan dihadapkan pada tab baru, klik Settings sebelah kiri ->> pada layar sebelah kanan gulung layar ke bawah hingga muncul Show advanced settings lalu tekan tombol tersebut.

  4. Cara Menghilangkan CSE/Google Custome Search Engine pada Browser Google Crome

  5. Gulung layar ke bawah lalu cari tombol Change proxy settings.

  6. Cara Menghilangkan CSE/Google Custome Search Engine pada Browser Google Crome

  7. Pada kotak dialog Internet Properties. Pilih tab Connections ->> klik tombol LAN settings.

  8. Cara Menghilangkan CSE/Google Custome Search Engine pada Browser Google Crome

  9. Maka anda akan dihadapkan pada kotak dialog Local Area Network (LAN) Settings. Pada proxy server, hilangkan centang pada Use a proxy server for your LAN (These settings will not apply to dial-up or VPN connections). Lalu tekan tombol OK.

  10. Cara Menghilangkan CSE/Google Custome Search Engine pada Browser Google Crome

  11. Kemudian tekan tombol OK untuk keluar dari Internet Properties.
  12. Setelah itu jangan lupa untuk melakukan Restart computer anda untuk memaksimalkan pengaturan sistem.

Saran saya sebaiknya anda menggunakan software anti virus untuk komputer anda dan sering-seringlah update antivirus demi kemanan komputer anda. Gunakan antivirus yang powerfull yang menyediakan berbagai macam fitur khususnya penanganan malware, meskipun aplikasi tersebut berbayar. Namun tak apalah demi keamanan komputer anda, daripada data-data penting anda jadi korban. Sedikit rekomendasi, gunakan antivirus Malwarebytes Anti-Malware untuk mencegah komputer anda dari penyakit diatas.

Sekian artikel dari saya tentang Cara Menghilangkan CSE/Google Custom Search Engine pada Browser Google Crome. Jika ada yang kurang jelas atau koreksi atas artikel ini, silakan tinggalkan komentar di bawah postingan ini. Jika anda ingin berkunjung ke artikel saya lainnya silakan ada di Daftar Isi. Terima kasih telah berkunjung di blog mas Fadholi, semoga bermanfaat bagi anda semua.

Memahami Menu Dasar Dashboard Blogger Terbaru 2016

Mas Fadholi Blog - Memahami Menu Dasar Dashboard Blogger 2016 – Baru-baru ini yaitu tepatnya di bulan Nopember 2016, google telah merubah tampilan menu dashboardnya. Dimana tampilan dashboard tersebut lebih responsive dan lebih kekinian.

Bagi anda yang baru membuat blog, mungkin anda akan menemukan sedikit yang membahas tentang panduan dasar menu dashboard dengan tampilan baru ini. Apa itu dashboard…?

Dashboard adalah suatu tampilan form beranda blogger dimana dengan form tersebut, anda dapat melakukan pengaturan tampilan blog anda sesuai dengan standar SEO (Search Engine Optimization) atau Optimasi Mesin Pencari.


Memahami Menu Dasar Dashboard Blogger Terbaru 2016

Dengan adanya dashboard tersebut, anda dapat mengatur jenis tampilan blog, background blog, jenis font blog, posting artikel, dan lain sebagainya. Berikut ini saya jelaskan lebih rinci daftar menu-menu dashboard tersebut, diantaranya:

  1. Navigasi dashboard blog. Anda dapat berpindah-pindah dari dashboard blog satu ke dashboard blog yang lainnya dalam satu akun. Fungsi ini sangat memudahkan kita yang tidak perlu keluar terlebih dahulu untuk berpindah ke blog kita lainnya bagi yang memiliki blog lebih dari satu, fitur ini yang belum dimiliki oleh dashboard blogger sebelumnya. Diantaranya fungsi tersebut adalah:
    • Berpindah-pindah dashboard satu ke yang lainnya. Tinggal klik tanda segitiga lalu pilih akun blog lain.
    • Dapat membuat akun blog baru dengan cara klik tanda segitiga ->> lalu pilih Blog baru…
  2. Lihat blog, tombol ini berfungsi untuk melihat tampilan blog kita di peramban / browser.
  3. Pos, menu ini berfungsi untuk menulis suatu artikel blog dan menerbitkannya. Didalam menu ini terdapat tombol untuk menulis artikel baru, daftar judul artikel, nama penulis, tanggal terbit, dan juga pembuatan label kategori suatu artikel.
    • Semua, yaitu menampilkan daftar artikel yang telah kita buat baik yang belum diterbitkan maupun yang telah diterbitkan.
    • Draft, yaitu menampilkan daftar artikel yang telah kita buat dan belum diterbitkan.
    • Diterbitkan, yaitu menampilkan daftar artikel yang telah kita buat dan sudah diterbitkan.
  4. Statistik, menu ini berfungsi untuk menampilkan data-data statistik blog. Dimana dengan menu ini kita data mengetahui data penayangan blog kita.
    • Ikhtisar, untuk menampilkan data statistik berupa grafik penayangan (pageviews), statistik penayangan periode, statistik berdasarkan entri, dan statistik penayangan berdasarkan Negara.
    • Pos, untuk menampilkan penayangan/pageviews artikel dan halaman/page.
    • Sumber Lalu Lintas, untuk menampilkan data statistik url/situs/telusur.
    • Pemirsa, untuk menampilkan data pemirsa lokasi Negara peramban termasuk penggunaan sistem operasi dan browser.
  5. Penghasilan, menu ini berfungsi untuk melakukan pengaturan penghasilan di google adsense. Menu ini akan tampil jika kita telah melakukan pengaturan bahasa pemformatan menjadi bahasa Inggris. Jika kita telah mendaftar google adsense, maka disebelah kanan akan terlihat akun google adsense. Akun tersebutlah yang digunakan untuk bertransaksi penghasilan blog anda dengan google adsense.
  6. Kampanye, menu ini berfungsi untuk melakukan pengaturan promosi blog anda. Promosi dalam artian, anda melakukan promosi blog anda agar blog anda mudah dikenal oleh banyak orang melalui optimasi berbayar google sehingga blog anda muncul di nomor urutan pertama di mesin pencarian google. Biasanya kalau kita mengaktifkan menu kampanye ini, maka di dalam peramban mesin pencari google akan terdapat ads (artikel blog beriklan). Sistem kerjanya adalah saldo kita akan dipotong setelah orang lain mengklik blog kita di mesin pencarian google.
  7. Laman, menu ini berfungsi untuk membuat halaman statis atau tetap atau tidak berubah-ubah. Biasanya menu ini digunakan untuk membuat daftar isi (sitemap), kontak, tentang saya, disclaimer, kebijakan privasi dan lain sebagainya. Perbedaan antara Laman dengan Pos yaitu jika di Laman kita biasanya jarang melakukan update/perbaruan sedangkan di Pos kita sering menggunakannya untuk update artikel. Sama halnya dengan Pos terdapat sub menu diantaranya:
    • Semua, yaitu menampilkan daftar laman/page yang telah kita buat baik yang belum diterbitkan maupun yang telah diterbitkan.
    • Draft, yaitu menampilkan daftar laman/page yang telah kita buat dan belum diterbitkan.
    • Diterbitkan, yaitu menampilkan daftar laman/page yang telah kita buat dan sudah diterbitkan.
  8. Tata Letak, menu ini berfungsi untuk melakukan pengaturan tata letak tampilan blog. Disebelah kanan, kita dapat menambahkan widget/gadget, memindahkan lokasi widget/gadget dengan cara menggeser-geser widget/gadget tersebut sesuai keinginan tanpa melalui koding.
  9. Template, menu ini berfungsi untuk melakukan pengaturan desain tampilan blog/template blog. Didalam menu ini kita akan lebih leluasa mengatur sendiri desain tampilan blog dengan menggunakan kode-kode program (HTML, CSS, JavaScript, dll).
  10. Setelan, menu ini berfungsi untuk melakukan pengaturan isi dari tampilan blog. Didalam menu ini terdapat beberapa sub menu diantaranya:
    • Dasar, untuk menentukan judul blog, deskripsi singkat blog, pengaturan privasi blog, mengatur alamat url blog, dan admin blog.
    • Pos, komentar, dan berbagi, untuk menentukan jumlah tampilan pos dalam homepage, komentar, serta pengaturan bagikan ke google plus.
    • Email, untuk melakukan pengaturan pemberitahuan ke email.
    • Bahasa dan pemformatan, untuk melakukan pengaturan bahasa blogger, terjemahan bahasa blog, serta format penanggalan blog saat tampil di browser.
    • Preferensi penelusuran, untuk melakukan pengaturan blog terhadap mesin perayapan dan pengindeks google atau mesin pencarian google. Sehingga dengan menu pengaturan ini artikel dan laman kita dapat terindeks oleh google.
    • Setelah pengguna, untuk melakukan pengaturan profil blogger, bahasa tampilan dashboard, dan notifikasi email jika ada informasi oleh google.
    • Lainnya, untuk menentukan import & cadangan kode program di blog, hapus blog, umpan situs, ipenID, apakah blog kita terdapat konten dewasa, serta pengaturan google analytics.
  11. Daftar Bacaan, untuk memasukkan daftar url orang lain kedalam profile blogger kita sebagai link daftar bahan bacaan kita atas blog orang lain.
  12. Bantuan, untuk melakukan pencarian bantuan atas informasi yang belum jelas terhadap dashboard blogger tersebut.

Demikianlah artikel Memahami Menu Dasar Dashboard Blogger 2016. Jika ada yang kurang jelas silakan tinggalkan komentar dibawah postingan ini, ohya jika ingin mampir sejenak silakan baca di Daftar Isi untuk melihat artikel lainnya. Terima kasih telah berkunjung di blog mas fadholi, semoga bermanfaat bagi anda semua. Salam hangat...