Cara Menggunakan Fungsi Average, Max, dan Min di Excel

Cara Menggunakan Fungsi Average, Max, dan Min di Excel
Mas Fadholi Blog – Salam sejahtera bagi kita semua, kembali lagi bersama blog mas Fadholi dengan banyak tips tutorial yang saya bagi khusus untuk sobat semuanya.

Dalam tutorial kali ini, saya ingin berbagi tips penggunaan fungsi formula di excel yaitu rata-rata (average), nilai terbesar (max), dan nilai terkecil (min). Tentunya artikel ini saya tujukan bagi sobat yang baru mengenal Microsoft excel alias pemula, bagi yang sudah master silakan menyimak saja dan silakan koreksi jika ada yang perlu diperbaiki.

Baik langsung saja pada topik pembahasan kita kali ini, fungsi-fungsi ini (average, max, min) biasanya banyak digunakan dalam pembuatan laporan penjualan pada suatu perusahaan sehingga perusahaan dapat mengetahui dan menganalisa data rata-rata penjualan bulanan atau tahunan atau penjualan terkecil dan terbesar untuk setiap pelanggan dengan cepat. Selain itu juga dapat digunakan untuk melihat data nilai suatu sekolah atau kampus, sehingga dengan fungsi tersebut dapat melihat nilai rata-rata mahasiswa atau nilai terbesar dan terkecil mahasiswa pada setiap bidang mata pelajaran; dan masih banyak contoh lain dari kegunaan formula tersebut.

Berikut ini salah satu contoh penggunaan fungsi tersebut, tabel tersebut menjelaskan daftar nilai mahasiswa untuk materi aplikasi komputer. Dibagian bawah, kita dapat melihat berapa angka nilai rata-rata, nilai terbesar, dan nilai terkecil. Dapat kita bayangkan seandainya ada ribuan data dan kita tidak menggunakan formula average, max, dan min maka kita akan kesulitan untuk mengetahui secara cepat.


Cara Menggunakan Fungsi Average, Max, dan Min di Excel

Untuk dapat membuat data-data tersebut, berikut ini tahapan pembuatannya:

  1. Bukalah Microsoft excel sobat. Dalam kasus ini saya menggunakan Microsoft Excel versi 2013. Namun sobat dapat terapkan menggunakan versi lain.
  2. Buatlah data-data seperti gambar berikut ini.

  3. Cara Menggunakan Fungsi Average, Max, dan Min di Excel
  4. Isilah cell E17 dengan rumus =AVERAGE(E7:E16) lalu tekan Enter pada keyboard.

  5. Cara Menggunakan Fungsi Average, Max, dan Min di Excel

    Penjelasan:
    • Standar penulisan formula average adalah:

    • =AVERAGE(number1;number2;…)
    • Contoh kasus =AVERAGE(E7:E16)
    • AVERAGE : Nama dari fungsi formula di excel.
    • E7:E16 Kriteria nilai number1 yang akan dicari. Data yang dicari harus berupa angka semua, tidak boleh ada data selain angka.
  6. Isilah cell E18 dengan rumus =MAX(E7:E16) lalu tekan tombol Enter pada keyboard.

  7. Cara Menggunakan Fungsi Average, Max, dan Min di Excel

    Penjelasan:
    • Standar penulisan formula max adalah:

    • =MAX(number1;number2;…)
    • Contoh kasus =MAX(E7:E16)
    • MAX : Nama dari fungsi formula di excel.
    • E7:E16 Kriteria nilai number1 yang akan dicari. Data yang dicari harus berupa angka semua, tidak boleh ada data selain angka.
  8. Isilah cell E19 dengan rumus =MIN(E7:E16) lalu tekan tombol Enter pada keyboard.

  9. Cara Menggunakan Fungsi Average, Max, dan Min di Excel

    Penjelasan:
    • Standar penulisan formula min adalah:

    • =MIN(number1;number2;…)
    • Contoh kasus =MIN(E7:E16)
    • MIN : Nama dari fungsi formula di excel.
    • E7:E16 Kriteria nilai number1 yang akan dicari. Data yang dicari harus berupa angka semua, tidak boleh ada data selain angka.
  10. Jika langkah-langkah tersebut telah selesai, maka nilai dari masing-masing formula tersebut akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Menggunakan Fungsi Average, Max, dan Min di Excel

Demikianlah tutorial Cara Menggunakan Fungsi Average, Max, dan Min di Excel. Jika ada yang kurang jelas, silakan dapat tinggalkan komentar dibawah ini. Ohya silakan jika berkenan mampir di artikel lain pada halaman Daftar Isi tombol menu diatas. Terima kasih telah berkunjung di blog mas Fadholi, semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat semua.

3 Cara Mudah Posting Artikel Blog di Blogspot Terbaru 2016

Cara Mudah Posting Artikel Blog di Blogspot Terbaru 2016
Mas Fadholi Blog - Saat terbitnya artikel ini, google telah memperbaharui tampilan di dashboard blogspotnya sehingga tampak lebih responsif, sehingga sobat jangan kaget ketika sedang membuka dashboard blogspot tapi kok tampilannya beda dari yang biasanya. Tapi untuk artikel kali ini, saya bukan membahas tampilan dashboard tersebut.

Bagi sobat yang ingin membutuhkan tutorial Cara Posting Artikel di blogspot terbaru, silakan simak cara-caranya yang saya paparkan dibawah ini. Tentunya artikel ini sangatlah dasar sekali. Namun bagi seorang newbie/pemula, artikel ini mungkin sangat bermanfaat.

Okeh langsung saja kita kembali ke topik...

Langkah Pertama, buka program web browser sobat. Ketikan www.blogger.com di url web browser, lalu masuk/signin ke akun gmail sobat. Kemudian tekan tombol New post seperti tanda panah merah pada gambar dibawah ini.

Cara Mudah Posting Artikel Blog di Blogspot Terbaru 2016

Langkah Kedua, Maka sobat akan diarahkan ke form selanjutnya. Disinilah tempat sobat menulis artikel yang ingin ditampilkan di blog.

Cara Mudah Posting Artikel Blog di Blogspot Terbaru 2016
  1. Post title - Untuk menentukan judul artikel postingan. Pilihlah judul artikel yang menarik.
  2. Tulislah artikel di kotak nomor 2, silakan berkreasi di tempat ini dan gunakan kode-kode khusus agar tampilan artikel lebih menarik.
  3. Publish - Untuk menerbitkan artikel yang sudah jadi atau sudah siap ditampilkan ke khalayak umum.
  4. Save - Untuk menyimpan sementara artikel yang sedang dibuat, sebenarnya tanpa menekan tombol inipun sudah secara otomatis tersimpan sendiri. Namun untuk berjaga-jaga sebaiknya sering-sering lakukan Save.
  5. Preview - Untuk melakukan tinjauan artikel yang sedang dibuat, sehingga dapat melihat tampilan apakah sudah sesuai dengan yang diinginkan atau belum.
  6. Close - Untuk menutup form penulisan artikel tersebut.
  7. Labels - Untuk memberikan label kategori pada artikel yang sedang dibuat. Sebaiknya tetapkan label agar calon pembaca mudah mencari artikel pada blog kita.
  8. Schedule - Untuk menentukan kapan artikel itu diterbitkan.
  9. Permalink - Untuk menentukan nama link url di url web browser. Nama link url biasanya sudah otomatis sesuai dengan judul postingan artikel yang kita buat. Namun dapat juga di lakukan edit manual agar link url sesuai yang kita harapkan. Ada pilihan Automatic or Manual.
  10. Location - Untuk menentukan kemana target artikel kita diterbitkan.
  11. Seach Description - Untuk menentukan deskripsi pencarian di mesin pencari google. Ketika kita mencari sebuah artikel biasanya suka muncul keterangan singkat di bawah judul. Nah sebaiknya lakukan tahap ini untuk memperjelas secara singkat artikel tersebut.
  12. Options - Untuk menentukan pilihan apakah pembaca dapat melakukan komentar pada artikel tersebut. Sebaiknya pilih allow agar pembaca dapat berkomentar sehingga akan meningkatkan trafic blog sobat.
  13. Custom Robots Tags - Untuk melakukan pengaturan tag artikel pada robot mesin google.

Langkah Ketiga, Jika sobat telah selesai menulis artikel tersebut, lalu sobat tekan tombol Publish untuk menerbitkan artikel sobat secara online. Namun sebaiknya sebelum sobat publish artikel tersebut lakukan Preview atau Pratinjau pada tombol Preview, hal tersebut dilakukan untuk memastikan kesiapan artikel sobat sebelum di publish ke khalayak.

Sampai disini posting artikel blog sobat telah selesai. Jika artikel sobat ingin cepat terindeks, maka sebaiknya update juga url link artikel sobat di google webmaster. Sehingga orang-orang akan cepat dengan mudah mendapatkan artikel sobat di mesin pencari google.

Demikian tutorial 3 Cara Mudah Posting Artikel Blog di Blogspot Terbaru 2016, jika ada yang kurang jelas atau mau menambahkan komentar silakan tinggalkan komentar dibawah postingan artikel ini. Oh ya jika sobat menginginkan artikel lain, sobat bisa lihat di Daftar Isi tombol diatas blog ini. Terima kasih sudah mampir di Blog Mas Fadholi, semoga bermanfaat.

Cara Mudah Membuat Blog Gratis di Blogspot Terbaru

Cara Mudah Membuat Blog Gratis di Blogspot Terbaru
Mas Fadholi Blog - Akhir-akhir ini dunia blogging semakin sangat di gemari. Mereka yang membuat blog biasanya mempunyai berbagai macam tujuan, Ada yang bertujuan untuk sekedar berbagi artikel, untuk tugas sekolah/kampus, untuk informasi profil perusahaan, bahkan hingga tempat mendulang rejeki yang melimpah ruah dengan berjualan atau berafiliasi dengan perusahaan lain. Itu semua bersumber dari yang namanya blog.

Membuat blog ada berbagai macam jenisnya, ada blog berbayar yang biasanya menggunakan domain sendiri .com .net .co.id, dan ada juga blog yang gratisan misal dari wordpress dan juga blogspot. Tentunya berbagai macam cara tersebut telah dipaparkan oleh master-master blog. Namun tidak ada salahnya apabila saya juga ingin berbagi cara membuat blog tersebut. Dalam artikel ini saya akan paparkan bagaimana cara mudah membuat blog gratis dengan blogspot. Berikut ini tahap-tahap dalam pembuatan blog tersebut:

  1. Pertama-tama tentunya komputer sobat harus sudah terkoneksi dengan jaringan internet.
  2. Bukalah web browser sobat, saya menggunakan google crome.
  3. Ketiklah www.blogger.com di kotak alamat url, sehingga akan muncul seperti gambar berikut ini.
  4. Cara Mudah Membuat Blog Gratis di Blogspot Terbaru
  5. Klik tombol CREATE YOUR BLOG untuk proses membuat blog. Namun terlebih dahulu sobat harus memiliki akun gmail untuk masuk ke blogger tersebut. Silakan baca Cara Mudah Membuat Blog Gratis di Blogspot Terbaru.
  6. Silakan masukkan nama email dan password gmail sobat yang sebelumnya telah terdaftar.
  7. Cara Mudah Membuat Blog Gratis di Blogspot Terbaru
  8. Setelah itu maka sobat akan diarahkan ke kotak pembuatan blog. Isilah data-data tersebut kemudian tekan tombol Create blog!.
  9. Cara Mudah Membuat Blog Gratis di Blogspot Terbaru
    Keterangan :
    Title:Digunakan untuk menentukan judul blog sobat.
    Address:Digunakan untuk menentukan alamat blog di url. Silakan isikan alamat blog sobat yang belum tersedia di google.
    Template:Digunakan untuk mengatur jenis tampilan blog yang sobat inginkan. Ada berbagai macam jenis template blog baik itu yang gratis maupun yang berbayar.
  10. Selamat sobat telah berhasil mempunyai blog pribadi. Berikut ini tampilan halaman blog pribadi sobat. Tampilan tersebut yang digunakan untuk melakukan pengaturan tampilan blog sobat dari mulai mengatur tampilan blog hingga melakukan posting blog untuk isi artikel di blog sobat.
  11. Cara Mudah Membuat Blog Gratis di Blogspot Terbaru

Demikianlah tutorial Cara Mudah Membuat Blog Gratis di Blogspot Terbaru. Jika ada yang kurang jelas atau koreksi, saya sangat senang sekali sobat tinggalkan komentar dibawah ini. Jika sobat ingin membaca artikel yang lain silakan kunjungi di Daftar Isi. Terima kasih telah mampir di blog mas fadholi, semoga bermanfaat.

Cara Mudah Membuat Email dengan Gmail

Cara Mudah Membuat Email dengan Gmail
Mas Fadholi Blog - Dalam dunia modern sekarang ini hampir sebagian besar telah memiliki email. Fungsi email digunakan baik untuk kepentingan bisnis maupun untuk kepentingan pribadi. Email untuk kepentingan bisnis biasanya untuk bertukar informasi data antar pebisnis tersebut, sedangkan email untuk kepentingan pribadi digunakan biasanya untuk kepentingan medsos alias media sosial.

Dari beberapa pemilik email, sebagian besar banyak yang menggunakan akun gmail. Kenapa harus Gmail?
Yah itulah pertanyaan yang sering muncul dibenak calon pemilik email.
Akun Gmail menurut saya sangatlah powerfull, selain gratis juga menyediakan banyak fitur tentunya. Kok tau sih...
Yaiyalah tahu... soalnya penulis juga menggunakan akun gmail. hehehe...
Apa saja sih yang dimiliki Gmail...?


Banyak....

Sekarang ini perusahaan raksasa GOOGLE telah menelurkan banyak fitur di akun Gmail. Selain fitur email yang biasa untuk kirim dan terima data dengan tampilan yang mudah digunakan, juga telah banyak menyediakan banyak fungsi yaitu menyediakan fitur media sosial yang dikenal Google Plus; untuk membuat media blog seperti saya ini; bahkan sampai Youtube. Banyakkan...


Bagaimana tertarik untuk memiliki akun Gmail....?

Baiklah tidak lama-lama, langsung saja simak dibawah ini tahap-tahap bagaimana membuat akun gmail dengan sangat mudah.

  1. Tentunya komputer sobat telah terhubung dengan jaringan internet.
  2. Bukalah software browser sobat (google crome, mozilla firefoxe, internet explorer, dll). Saya menggunakan google crome dalam tutorial ini.
  3. Ketiklah www.gmail.com di kotak url kemudian tekan Enter.
  4. Sehingga akan langsung terhubung ke kotak seperti gambar berikut ini.
  5. Cara Mudah Membuat Email dengan Gmail
  6. Klik tombol Create account untuk proses masuk pembuatan akun gmail.
  7. Cara Mudah Membuat Email dengan Gmail
  8. Maka sobat akan dialihkan ke lembar pengisian data-data Creat your Google Account. Isilah data-data tersebut lalu tekan tombol Next step.
  9. Cara Mudah Membuat Email dengan Gmail
    Keterangan :
    Name : isilah nama lengkap sobat
    Choose your username : isilah nama email yang diinginkan, pilih email yang belum digunakan
    Create a password : isilah password sobat, saran saya gunakan password yang unik (gabungan huruf dan angka) sehingga tidak mudah ditebak
    Confirm your password : isilah konfirmasi pasword sobat yang sama
    Birthday : Isilah bulan, tanggal, tahun lahir sobat
    Gender : Isilah jenis kelamin sobat
    Mobile phone : Isilah nomor telepon sobat yang masih aktif, tujuannya untuk terima kode verifikasi
    Your current email address : Isilah dengan email sobat yang sedang aktif, jika ada...
    Location : Pilih lokasi sobat
  10. Setelah tahap input data dilakukan, maka akan muncul kotak dialog Privacy and Terms, pilih I Agree yang artinya sobat setuju dengan ketentuan tersebut.
  11. Cara Mudah Membuat Email dengan Gmail
  12. Selamat sobat telah memiliki akun gmail. Klik tombol Continue to Gmail untuk masuk ke email.
  13. Cara Mudah Membuat Email dengan Gmail
  14. Klik tombol Next untuk melewati informasi mengenai gmail. Berikut ini tampilan akun gmail. Sobat bisa pilih pengaturan tampilan gmail sobat agar menarik namun saran saya sebaiknya pilih yang simple agar loading email sobat tidak berat.
  15. Cara Mudah Membuat Email dengan Gmail

Bagaimana mudah bukan...
Demikianlah tutorial cara mudah membuat email dengan gmail. Jika ada yang kurang jelas atau koreksi, silakan tinggalkan pesan pada kolom komentar dibawah ini. Jika menginginkan tutorial lain silakan cek di Daftar Isi. Terima kasih telah mampir di blog mas fadholi, semoga bermanfaat.

Cara Melindungi File Excel Agar Tidak Bisa di Edit

Cara Melindungi File Excel Agar Tidak Bisa di Edit
Mas Fadholi Blog - Melindungi file excel agar tidak bisa di edit sangat penting dilakukan, hal ini untuk menjaga keamanan file excel tersebut dari gangguan orang-orang yang tidak berwenang untuk mengutak-atik file kita apalagi file tersebut sangat rahasia.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk melindungi file excel; memberikan password file dokumen sehingga orang lain tidak dapat masuk kedalam file tersebut, atau memberikan password hanya di kertas kerja saja tanpa harus password file sehingga orang lain dapat melihat filenya namun tidak dapat melakukan edit.


Membuat Password File Dokumen

Cara ini dilakukan untuk melindungi file dokumen secara keseluruhan, sehingga orang lain tidak dapat masuk ke dalam file tersebut. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Bukalah program office excel sobat, saya menggunakan Excel 2007.
  2. Buatlah sebuah sembarang dokumen yang sobat inginkan.
  3. Klik tombol Offie Button disebelah pojok kiri atas ->> klik Save.
  4. Cara Melindungi File Excel Agar Tidak Bisa di Edit
  5. Sehingga akan muncul kotak dialog Save As.
  6. Cara Melindungi File Excel Agar Tidak Bisa di Edit
  7. Pilih lokasi penyimpanan pada Save in:. Buat nama file pada File Name.
  8. Untuk memberikan password file sobat Klik tombol Tools sebelah kiri bawah ->> General Options... Maka akan muncul kotak dialog General Options. Ketikkan password huruf atau angka pada kotak Password to open: ->> tekan OK muncul kotak dialog Confirm Password ketikkan passwod huruf atau angka yang sama, kemudian tekan OK.
  9. Cara Melindungi File Excel Agar Tidak Bisa di Edit
  10. Langkah terakhir tekan tombol Save pada kotak dialog Save As. Selamat file anda telah terlindungi dengan password.

Membuat Password di Sheet Saja

Cara ini dilakukan untuk melindungi file kertas kerja hanya di Sheet tertentu tanpa harus memberikan password file dokumen secara keseluruhan, sehingga orang lain dapat masuk ke dalam file tersebut namun tidak dapat mengedit. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Bukalah program office excel sobat, saya menggunakan Excel 2007.
  2. Buatlah sebuah sembarang dokumen yang sobat inginkan.
  3. Tekan Review pada menubar ->> pada group change pilih Protect Sheet.
  4. Cara Melindungi File Excel Agar Tidak Bisa di Edit
  5. Sehingga akan muncul kotak dialog Protect Sheet. Centang Protect worksheet and contents of locked celss ->> centang juga list Allow all users of this worksheet to: kemudian isikan password menggunakan huruf atau angka di Password to unprotect sheet: ->> lalu tekan OK. Sehingga muncul kotak dialog Confirm Password ->> isikan password yang sama kemudian tekan OK.
  6. Cara Melindungi File Excel Agar Tidak Bisa di Edit
  7. Protect sheet sampai dengan tahap ini telah selesai.

Demikianlah tutorial excel Melindungi file excel agar tidak bisa di edit. Jika ada yang kurang jelas, silakan kirimkan komentar dibawah ini. Oh ya Jika sobat menginginkan tutorial yang lain, sobat dapat melihatnya di Daftar Isi. Terima kasih telah bersedia mampir di media blog Mas Fadholi, semoga bermanfaat.