Cara Mengetahui Laptop/PC Support 32-bit atau 64-bit

Terlebih dahulu sebelum Saya memberikan tips tersebut, akan Saya jelaskan apa itu 32-bit dan 64-bit.
Istilah 32 bit atau 64 bit itu adalah mengacu pada cara kerja prosesor dalam menangani sebuah informasi atas apa yang telah diperintahkan oleh pengguna sebuah komputer. 32 bit biasa ditandai dengan tulisan x84 sedangkan 64 bit adalah x64. Cara kerja 64 bit lebih cepat dibandingkan dengan cara kerja 32 bit. Fungsi pengecekan ini agar Anda tidak salah pilih ketika Anda akan menginstal OS Windows Anda di PC, sehingga Anda tidak menyia-nyiakan dana Anda yang sudah Anda beli.

Berikut cara mengetahui laptop support 32 bit atau 64 bit pada Windows 7 :
1. Klik tombol Start pada taskbar
2. Pada kolom "search program and files", ketiklah "msinfo32" tanpa tanda petik dua (").
3. Maka pada layar komputer "System Information" Anda akan tampil seperti tampilan berikut ini.

Cara Mengetahui Laptop/PC Support 32-bit atau 64-bit

4. Pada System Type disebelah kanan pada kolom value yang saya tandai merah terdapat tulisan x64-based PC. Artinya laptop tersebut support 64-bit, sedangkan jika tidak support 32-bit maka tertulis x84-based PC.
Sedangkan pada Windows XP :
1. Klik Start - Run.
2. Ketiklah "msinfo32" tanpa tanda petik dua (").
3. Maka System Informasi akan muncul.
4. Cek System Type nya. Tampilannya sama seperti pada gambar di atas.
Demikian cara mengetahui laptop/pc Anda apakah support 32-bit atau 64-bit. Jika ada kesalahan dalam postingan ini, silakan teman-teman bisa tinggalkan komentar setelah artikel ini.

By Mas Ahmad Fadholi di KomunitasKu.
Terima Kasih

Membuat Text Berganti-ganti di 1 Tombol CommandButton dengan VB6

Fungsi tombol adalah untuk melakukan perintah eksekusi dalam suatu aplikasi atau program. Di dalam pemrograman visual basic 6.0 terdapat tools commandbutton yang dapat kita lakukan modivikasi sesuai keinginan pembuat program. Pada contoh dibawah ini, dengan memanfaatkan tombol commandbutton saya akan membuat text tombol berubah-ubah.
1. Pertama-tama bukalah Microsoft Visual Basic 6.0.
2. Buatlah form dan dan setinglah tampilan form seperti yang ada dalam gambar berikut ini :
Text Berganti di CommandButton VB6

3. Isilah Kodenya di View Code dengan code seperti berikut ini :

Option Explicit
Private Sub Command1_Click()
    If Command1.Caption = "Simpan" Then
        Command1.Caption = "Batal"
    Else
        Command1.Caption = "Simpan"
    End If
End Sub

4. Jalankan aplikasi tersebut dengan menekan tombol keyboard F5, dan lakukan klik tombol Simpan maka secara otomatis text tombol simpan akan berubah menjadi Batal, dan ketika tombol Batal diklik maka secara otomatis text tombol batal akan berubah jadi Simpan begitu seterusnya.

Demikian tutorial singkat dan sangat sederhana ini, semoga dapat bermanfaat. Sampai jumpa ditutorial lainnya.

Terima kasih
By Blog Mas Fadholi

Membuat Aplikasi Trial di Excel 2007

Sesuai dengan judulnya, aplikasi trial pada excel 2007. Mungkin bagi yang sudah mahir menggunakan excel tentunya informasi ini bukan hal yang baru, akan tetapi bagi yang masih newbie atau masih awam materi ini sangat berguna. Teman-teman mungkin banyak menemukan aplikasi yang dibuat menggunakan excel seperti contohnya aplikasi akuntansi excel, aplikasi keuangan sekolah, aplikasi utang piutang. Akan tetapi semua aplikasi tersebut tidaklah gratis alias berbayar karena ada kode-kodenya, sehingga ketika teman-teman menggunakannya maka teman-teman harus membelinya. Nah jika teman2 ingin membuat juga seperti itu dan ingin menjualnya, berikut ini saya ingin bagikan tipsnya :

1. Bukalah file excel, saya menggunakan excel 2007.
2. Ubahlah Sheet 1 dengan nama Otoritas.
3. Pada Sheet Otoritas tersebut ketiklah data seperti berikut :

Membuat Aplikasi Trial di Excel 2007
pada cell B3 ketiklah rumus seperti pada tanda lingkaran merah : =AND(NOW()>B1;NOW()<B2)

Penjelasan :

Tanggal Sistem di laptop Saya sekarang menunjukkan tanggal 01/02/2014

Jika Tanggal Sekarang yang ada di sistem komputer lebih besar dari "Tanggal Awal" di cell B1 dan Jika Tanggal Sekarang yang ada di sistem komputer lebih kecil dari "Tanggal Akhir" di cell B2 maka hasilnya adalah "TRUE" (B3).
Atau dengan kata lain
Jika Tanggal Sekarang berada diantara Tanggal Awal dan Tanggal Akhir maka hasilnya akan "TRUE".

Tetapi jika Tanggal sekarang tidak diantara Tanggal Awal dan Tanggal Akhir tersebut yang ada di cell B1 dan cell B2 maka hasilnya akan "FALSE".

Nah fungsi inilah yang akan kita jadikan aplikasi excel kita menjadi aplikasi trial, koq bisa. mari kita lanjutkan pada pembahasan selanjutnya.

4. Langkah selanjutnya adalah buatlah suatu nama untuk cell B3 agar ketika kita menggunakan formula yang akan kita panggil tidak mengetiknya secara berulang-ulang, caranya adalah sebagai berikut : Klik Menu Formulas --> Define Name, maka akan tampil seperti berikut ini :

Membuat Aplikasi Trial di Excel 2007
Pada form New Name buatlah data seperti pada gambar di atas :
Nama : Verifikasi
Scope : Workbook
Refers to : =Otoritas!$B$3 atau tempatkan pointer mouse di kotak refers to kemudian klik cell B3, maka secara otomatis akan tampil "=Otoritas!$B$3", jika sudah klik tombol OK.

5. Sampai disini pembuatan formula define name sudah selesai, nah sekarang bagaimana membuat formula otoritas trialnya. Berikut lanjutannya. Ketiklah seperti contoh data pada gambar berikut ini yaitu pada sheet 2 :
Membuat Aplikasi Trial di Excel 2007
6. Sekarang ketiklah formula pada cell E6 seperti berikut ini :
=IF(Verifikasi=TRUE;C6*D6;"##") kemudian tekan enter, maka akan tampil seperti gambar berikut ini :
Tampilan Formula :

Membuat Aplikasi Trial di Excel 2007

Penjelasan rumus :
Jika "Verifikasi" = "True" maka 2 x 10.000,- hasilnya akan jadi = 20.000,-
dan jika "Verifikasi" = "False" maka hasilnya akan jadi karakter "##" bukan angka 20.000.

Mengapa demikian, karena pada otoritas trial define name yaitu pada Sheet otoritas (Sheet 1 tadinya) di Cell B3 tadi sudah kita atur pada posisi  menjadi TRUE.
Sekarang drag rumus tersebut sampai di Cell E12.
Dan sekarang buatlah rumus penjumlahannya di Cell C13 dan E13.
Ketiklah formula tersebut seperti berikut ini :
di Cell C13 "=IF(Verifikasi=TRUE;SUM(C6:C12);"##")" tanpa tanda petik 2
dan Cell E13 "=IF(Verifikasi=TRUE;SUM(E6:E12);"##")" tanpa tanda petik 2.

Penjelasan :
di Cell C13, jika "Verifikasi" = "TRUE" maka akan menjumlahkan seluruh kolom C6-C12 dan jika "Verifikasi" = "False" maka hasilnya akan menjadi "##" demikian juga di Cell 13.

Maka hasilnya akan seperti gambar berikut ini :

Membuat Aplikasi Trial di Excel 2007
7. Sekarang cobalah anda rubah tanggal sistem laptop anda di posisi 01/02/2015. Sekarang kembali ke Sheet Otoritas tadi, klik cell B3 dan tekan F2 kemudian tekan enter.
Pastikan anda mengikuti setingan pada langkah nomor 4. Maka Define Name "Verifikasi" = "False".

Membuat Aplikasi Trial di Excel 2007
Sheet otoritas di Cell B3

Membuat Aplikasi Trial di Excel 2007

kemudian kembali di sheet 2, maka hasilnya akan menjadi seperti gambar berikut ini :
Membuat Aplikasi Trial di Excel 2007

Teman-teman bisa lihat di kolom yang saya beri tanda lingkaran merah. Semua yang Saya masukkan rumus IF baik perkalian dan penjumlahan maka hasilnya menjadi "##" semua. Itu disebabkan karena define name "Verifikasi" tadi pada posisi "FALSE".

Jika rumus teman-teman tidak ingin diketahui orang lain, maka buatlah password di sheet otoritas / sheet 1 tadi agar orang lain tidak bisa mengutak atik otoritas tersebut atau setelah diberi password kemudian di hide. Maka aplikasi excel anda sudah menjadi aplikasi Trial, dan teman-teman bisa menjual aplikasi excel tersebut kepada orang lain.
Nah itulah tutorial sedikit dari Saya, teruslah teman-teman berlatih dan teman-teman bisa kembangkan sendiri formula tersebut.

Demikian tutorial ini saya sampaikan, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di tutorial selanjutnya.

By Mas Ahmad Fadholi di KomunitasKu.

Mencetak 2 halaman dalam 1 lembar kertas di excel 2007

Pada tutorial kali ini saya akan share tentang bagaimana mencetak dokumen excel yang telah kita buat dalam 2 atau lebih halaman dan akan kita jadikan 1 lembar dalam kertas. Berikut prosedurnya.
  • Buatlah sebuah dokumen di excel 2007 dengan sembarang dokumen.
  • Jika sudah selesai, lakukan print preview untuk memastikan data mana yang akan kalian cetak.
  • Klik tombol Office Button -> Print -> Print (yang ada di pojok kiri atas).
  • Maka akan muncul form print.
  • Pilih jenis printer/nama printer yang sudah terinstal di komputer/laptop kita, kali ini saya menggunakan printer hp Laset Jet 1010.
Mencetak 2 halaman dalam 1 lembar kertas di excel 2007
  • Kemudian klik Properties yang ada di pojok kanan atas pada form print. Maka akan muncul seperti pada gambar berikut ini:
Mencetak 2 halaman dalam 1 lembar kertas di excel 2007
  • Pada tab finishing, terdapat tulisan "Pages per Sheet", ganti angka 1 menjadi 2 dengan cara klik tombol segitiga. Kalian bisa pilih beberapa angka "1" atau "2" dll, tapi untuk tutorial ini kita fokus menggunakan angka 2. Kemudian teman-teman bisa klik tombol Print Page Borders untuk memberikan garis border halaman. Jika sudah maka tekan tombol OK.
  • Kembali pada form print. Pilih Page(s) From To yang ada di print range ketikan angka From 1 dan To 2. Lihat pada gambar berikut ini, jika sudah selesai tekan tombol OK.
Mencetak 2 halaman dalam 1 lembar kertas di excel 2007
  • Tunggu sampai proses pencetakan ke kertas selesai. dan lihat hasilnya..

Demikian tutorial kali ini, semoga bermanfaat.

by Mas Ahmad Fadholi - KomunitasKu

Membuat data validation di excel 2007 bagian 1

Membuat data validation di excel 2007

Fungsi data validation merupakan sebuah tools dari ms. office excel agar tidak terjadi kesalahan dalam penginputan data dimana data tersebut sudah terdaftar dalam list database. Adapun contoh sebagai berikut :



1. Bukalah program microsoft excel, disini saya menggunakan excel 2007.
2. Buat tabel seperti gambar berikut ini di sheet 1.
Membuat data validation di excel 2007
3. Bloklah kolom jenis kelamin yaitu cell C5:C9 sesuai banyaknya jumlah nama.
4. Pilih menu data - data tools - klik data validation :

Membuat data validation di excel 2007
5. Maka akan muncul form data validation seperti gambar berikut. Pada tab "Settings" isikan seperti berikut ini :
- Allow : list
- source : "=$F$2:$F$3" tanpa tanda petik atau dengan cara klik pada textbox source kemudian drag cell F2:F3 pada kolom jenis_kelamin.
kemudian pada tab "Error Alert" isikan :
- Style : Stop
- Title : Warning!!!
- Error Message : Data tidak terdaftar.
kemudian tekan Ok.

Membuat data validation di excel 2007
6. Arahkan mouse dengan cara klik pada cell C5, maka akan muncul tombol segitiga. Pilihlah jenis kelaminnya yang ada didaftar, maka hasilnya akan tampak seperti gambar berikut ini :

Membuat data validation di excel 2007
7. Lakukan cara yang sama pada kolom pendidikan sesuai petunjuk nomor 3. Namun cell yang dituju adalah cell D5:D9. dan list data validation nya adalah yang ada di kolom pendidikan H2:H8. Hasilnya akan terlihat seperti pada contoh gambar berikut ini :

Membuat data validation di excel 2007
8. Jika kolom jenis kelamin pada cell C5 di isi dengan data lain, maka akan muncul pesan berikut :

Membuat data validation di excel 2007
hal tersebut berarti bahwa data yang ada di cell tersebut tidak boleh di isi dengan data selain "Laki-Laki" dan "Perempuan".

Demikian tutorial microsoft excel. Semoga bermanfaat.